Monday, October 26, 2015

Soal Tenses yang sering muncul pada Tes Bahasa Inggris STAN

soal soal tenses stan,stan soal bahasa inggris,bagaiaman menegerjakan soal tenses tes stan, tenses tes stan
soal tenses
Hallo Pengunjung blog "Online School" ? Admin harap semua selalu sehat ya, agar bisa lebih fokus belajar materi-materi baru di blog Online School. untuk artikel kita kali ini, Admin Online School akan berbagi artikel tentang soal tenses yang biasa muncul pada Tes Bahasa Inggris STAN. admin menulis artikel ini agar supaya adik-adik semua, bisa efisien dalam belajar. jadi bisa langsung belajar tentang tenses yang biasa di ujikan atau sering muncul di tes STAN.
Sebelum nya kalian harus sudah memahami tenses terlebih dahulu, karena itu modal awal untuk bisa mengerjakan soal soal tenses nanti. kalau belum begitu paham tentang tenses, kalian bisa belajar tenses terlebih dahulu. pada soal bahasa inggris stan, ada beberapa materi tenses yang di ujikan, yang sering muncul pada tes adalah tenses yang memuat konsep dua kejadian. selain itu, ada beberapa penggunaan atau fungsi tenses yang di ujikan di awal - awal soal salah satu contoh nya penggunaan fungsi tenses simple present, present continuous dan beberapa tenses yang lain.

Soal Tenses yang sering muncul pada Tes Bahasa Inggris STAN

  1. Simple Present
  2. Present perfect
  3. Present perfect continuous
  4. Simple Past
  5. Past Continuous
  6. Past perfect
  7. Simple Future
  8. Future Continuous
  9. Future Perfect
  10. Simple Past Future
  11. Past future perfect
Pada soal tenses di Tes STAN, Kebanyakan soal yang di ujika adalah tentang dua konsep kejadian. dua konsep kejadian maskudnya ada satu kalimat utama dan kalimat bawahan. selain itu biasanya soal tenses muncul dengan penanda waktu, jadi dalam belajar materi tenses nanti, selain paham dengan rumus nya, kalian juga harus paham dengan penanda waktu masing-masing tenses.
Berikut soal tenses yang muncul pada TBI STAN.

At 7 P.M. tonight, the tax payers ................... their report online.
a. will submit
b. will be submitting
c. will be submitted
d. will submitting
Analisa soal : Soal di atas , sudah bisa di identifikasi bawa yang tidak lengkap adalah Predikat, jadi kalian membutuhkan kata kerja / predikat untuk melengkapi soal di atas. namun dilihat dari pilihan ganda nya, semuanya adalah kata kerja, kalau kalian tidak paham dengan formula tenses, tentunya akan kebingungan dan mungkin akan menjawab dengan perasaan atau dengaan perkiraan saja.
yang pertama kita lihat adalah keterangan waktu dari kalimat tersebut, jika melihat dari kata kerjanya, semua menggunakan kata kerja bantu modal "will" dan syarat penggunaan modal harus bertemu dengan kata kerja bentuk pertama v1. jawaban 'd' sudah jelas tidak benar, karena kata kerja setelah modal adalah v1 ing ( Submitting ) maka elimnasi saja jawaban yang 'd'. sekarang fokus pada keterangan waktu, mungkin kalian sudah paham dengan keterangan waktu tenses future, di situ ada kata tonight, keterangan tersebut mengidentifikasi bahwa pekerjaan atau aktifitas akan di kerjakan pada waktu yang akan datang. namun, di soal tersebut ada spesifik waktu yaitu at 7.p.m. nah, kalau ada spesifik waktu pada tenses future maka kejadian nya adalah  sedang berlngsung , dan sudah jelas berlangsung nya di waktu yang akan datang karena ada tambahan keterangn waktu umum nya yaitu tonight.
jadi jawaban yang paling tepat untuk melengkapi kalimat pada soal stan di atas adalah ' will be submitting' . tenses yang di pakai adalah future continuous ( S + will + be + v1 ing ).
Bagaimana dengan soal di tenses di atas, admin yakin kalian paham ya dengan  soal di atas, jadi ketika nanti menghadapi soal yang mirip seperti itu, kalian bisa menjawab dengan tepat.
untuk lebih memahamkan lagi, kita lihat soal tenses stan berikutnya.
Since the 1994 Fifa World Cup, FIFA ............. an anthem composed by the German composer Franz Lambert.
a. adopts
b. adopted
c. has adopted
d. was adopting
Bagaimana dengan soal di atas?, Kira-kira kalian sudah bisa menganalisa bagian mana yang belum lengkap? ya, pada kalimat di atas, kata kerja nya belum ada, jadi harus di lengkapi. namun sama seperti soal tenses sebelum nya, pilihan ganda yang di berikan hampir sama, semuanya menggunakan kata kerja. bagaiman cara mengerjakan soal di atas, dengan cara analisa keterangan waktu. coba kalian perhatikan awal kalimat terdpat kata 'since'. tahukan kalian jika ada penanda waktu since, maka kalimat tersebut bermakna tenses present perfect. perlu di ingat walaupun setelah kata 'since' menggunakan kalimat lampau, inti kalimat nya harus menggunakan tenses present perfect. bagaiman formula tenses present perfect ?anda harus tahu itu, S + have/has + v3.
nah sekarang kalian cocokkan mana jawaban yang di rasa tepat untuk melengkapi soal tenses di atas? jawab yang tempat adalah 'has adopted'. subjek yang di gunakan adalah FIFA, kata ganti subjek nya adalah 'it', maka kalian gunakan 'has' untuk membantu kata kerja v3 agar membentuk tenses present perfect. Have ( i, you,we, they ) sedang Has ( he,she, dan it ).
Baiklah, itu beberapa soal tenses yang sering muncul pada tes bahasa inggris stan, semoga artikel kali ini menambah wawasan kalian untuk mengerjakan soal soal tenses terutama untuk bisa mengerjakan soal tenses di Tes seleksi STAN.
Sampai jumpa di postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment