Saturday, October 24, 2015

Apa itu TOEFL?

Pernahkah anda mendengar tentang TOEFL? Bagi yang sudah pernah mengikuti tes TOEFL, admin yakin sudah paham apa itu TOEFL. bagi yang belum mengetahui TOEFL, admin akan menjelaskan sedikit tentang apa sih sebenarnya TOEFL itu?
apa itu toefl? pengertian toefl,toefl adalah, penjelasaan tentang toefl
TOEFL is

Pengertian Umum Tentang TOEFL

TOEFL kepanjangan dari Test of English as a Second Language adalah suatu tes bahasa inggris sebagai bahasa asing di peruntukkan bagi orang yang bahasa keseharian nya  bukan bahasa inggris. TOEFL bertujuan untuk mengukur tingkat kecakapan menggunakan bahasa inggris baik dari segi Listening, Reading, Writing maupun Speaking. TOEFL itu sendiri adalah merek dagang dari ETS ( Educational Testing Service ) yang berwewenang menyelenggarakan dan mengeluarkan sertifikat tes TOEFL. di beberapa negara seperti eropa,asia,dan afrika biasanya sudah mempunyai lembaga perwakilan atau yang sudah di tunjuk oleh ETS secara langsung untuk bisa menyelenggarakan tes TOEFL. tempat penyelenggara TOEFL di Indonesia bisa datang ke International Test Center  yang beralamatkan di :
Plaza Sentral lt. 17
Jalan Jendral Sudirman Kav. 47
Jakarta Pusat 12930
Jika anda ingin belajar di luar negeri, TOEFL adalah salah satu syarat yang harus di penuhi untuk bisa mengikuti program belajar di sana. Negara mana saja yang menerima TOEFL? TOEFL bisa di terima di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. di Indonesia TOEFL biasanya sebagai syarat melamar menjadi PNS, Perusahaan atau study ke S2. selain itu TOEFL juga sebagai syarat mengajukan beasiswa dalam atau Luar negeri. jadi TOEFL mempunyai kegunaan yang bermacam-macam.

Jenis tes TOEFL

Sejak TOEFL di perkenalkan  pada tahun 1964, model tes toefl pertama kali adalah tes yang menggunakan media kertas. atau biasa di sebut PBT ( Paper based test ) semakin lama model tes TOEFL mengalami perubahan, yang pertamanya adalah PBT , munculah model test CBT ( Computer based tes ). model tes ini berbeda dalam hal media, jika pbt menggunakan media kertas, sedangkan CBT menggunakan media Software yang sudah di pasang di komputer. jadi peserta mengerjakan tes langsung dengan media komputer.
PBT dan CBT mempunyai perbedaan dalam beragai hal. perbedaan itu diantaranya :

a. Media

Seperti yang sudah di jelaskan sebelum nya media yang digunakan pada model PBT adalah menggunakan lembar jawab soal. dan CBT menggunakan software yang di pasang di komputer.

b. Materi tes

Materi tes pada sesi PBT terdapat tiga kategori, peserta akan di uji kemampuan Listening, Structure dan Reading. untuk CBT yang di ujikan meliputi Listening, Structure, Reading, and Writing. untuk sesi structure pada model cbt mempunyai persamaan soal yang di ujikan denga pbt.

c. Skor

Setelah peserta mengikuti tes toefl, nantinya akan mendaptkan hasil tes yang berupa skor. skor pada tes pbt berkisar antara 310-677 sedangkan untuk cbt 0-300.
di Indonesia yang sering di gunakan adalah model TOEFL PBT dan IBT, untuk CBT jarang yang menggunakan tes ini.
Selain dua model tes PBT dan CBT, model tes TOEFL yang lain adalah IBT. IBT merupakan tes yang di perkenalkan pada tahun 2005 dan digunakan sebagai persyaratan study di luar negeri. jadi TOEFL IBT yang sekarang ini berlaku dan digunkan di berbagai negara di Eropa atau Amerika. untuk Indonesia PBT masih bisa digunakan untuk persyartan tertentu. IBT juga mempunyai perbedaan dengan model tes yang lain. IBT atau kepanjangan dari Internet-Based Test adalah tes yang menggunakan media Internet dalam mengerjakan soal-soal yang di ujikan. sebenarnya sama dengan CBT, perbedaan nya hanya terkoneksi dengan internet atau tidak. untuk materi yang di ujikan pada model PBT meliputi tes kemampuan Reading, Listening, Speaking dan Writing. untuk skor pada TOEFL IBT berkisar dari 0 - 120. jadi setiap universitas atau perusahaan bisanya mempunyai minimal skor toefl yang di syaratkan.
Berapa skor TOEFL yang harus saya raih agar dinyatakan lulus?
Sebenarnya tidak ada kata lulus dan tidak pada tes TOEFL. lulus tidak nya tergantung dari Universitas atau Lemabaga yang memberikan minimal skor toefl. misalkan anda akan melamar kerja di suatu perusahaan, dan ternyata ada persyaratan sertifikat toefl dengan skor minimal 450. jika anda mendapat skor 450 berarti anda lulus tes untuk perusahaan terseebut dan sebaliknya . jadi tidak ada lulus tidak nya.

No comments:

Post a Comment