Thursday, October 22, 2015

Bahasa Inggris masih pas-pasan?: Ini dia cara meningkatkannya

"cara meningkatkan bahasa inggris yang pas-pasan", "bahasa inggris paspasan","ini cara meningkatkan bahasa inggris pas-pasan",bagaiaman cara meningkatkan bahasa inggris
Kita sudah sangat akrab dengan Bahasa Inggris, Pelajaran Bahasa Inggris pun sudah di pelajari dari Sekolah dasar sampai dengan Perguruan tinggi, namun tak sedikit yang masih ragu,bingung,dan mengatakan bahasa inggris itu sulit. Bagi yang sudah sedikit bisa bahasa inggris atau yang masih pas-pasan kemampuan bahasa inggrisnya, merasa malu dan takut untuk berlatih dan menggunakan bahasa inggris sesuai dengan fungsinya yaitu diucapkan. Nah, Bagaimana sebenarnya mengatasi kendala-kendala dalam bahasa inggris agar kemampuan bahasa inggris nya tidak pas-pasan lagi? berikut ini tips untuk meningkatkan keterampilan bahasa inggris agar lebih baik.

Cara meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris

1. Jangan malu dan takut untuk berbicara

Yang pertama adalah dari dalam diri anda sendiri, jangan malu untuk berbicara atau praktek. ucapkan kosa-kata yang sudah dimiliki dan lakukan setiap hari. luangkan waktu 15 menit untuk mulai menggunakan bahasa inggris. Jangan takut untuk melakukan kesalahan jika anda kebetulan berlatih percakapan dengan teman atau ketika mengikuti 'study club'. jika anda sudah tidak merasa malu menggunakan bahasa inggris, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan bahasa inggris anda dengan cepat.

2. Mulai dari hal yang sederhana

Beratih percakapan yang sederhana bisa dilakukan sendiri atau dengan teman. percakapan sederhana seperti menyapa orang lain, menanyakan kondisi, mengucapkan salam ketika berpisah dan ungkapan-ungkapan yang umum di gunakan setiap harinya. praktekkan hal tersebut sampai mahir.

3. Tambah kosa-kata setiap harinya

Menambah kosakata akan sangat membantu poses peningkatan bahasa inggris. menambah kosa-kata dari lingkungan anda sendiri misalkan kosa-kata di kamar tidur. anda harus mengetahui barang-barang dikamar anda dalam bahasa inggris. setelah itu, anda mulai menambah kosa-kata yang ada di lingkungan rumah misal dapur, meja makan dan lain nya. intinya ketahui bahasa inggris yang ada di dekat dan di sekeliling anda.

4. Tentukan 'Goal' atau tujuan belajar 

Anda perlu menciptakan sebuah tujuan dalam proses peningkatan bahasa inggris yang sedang di jalani. satu atau dua mingg kira-kira apa yang seharusnya sudah di kuasai. jangan belajar terburu-buru, fokus pada satu hal. misalkan untuk 1 minggu ini anda sudah mempunyai kosa-kata di sekeliling anda atau sudah bisa menceritakan kegiatan di rumah atau bisa menceritakan apa yang ada di kamr dan sebagainya. point nya adalah, ada satu hal yang di capai ketika belajar. jika sudah mendapatkan satu tujuan. anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

5. Catat materi yang belum bisa dipahami

Bila anda belajar secara otodidak, pastinya ada beberapa materi yang belum bisa di pahami secara detail.  catat materi apa saja yang belum dipahami dan tanyakan kepada teman atau forum bahasa inggris sampai benar-benar paham. jangan ragu untuk bertanya. banyak tempat yang bisa menjawab pertnyaan anda. ikuti diskusi bahasa inggris di facebook atau forum yang sedang membahas bahasa inggris akan menambah wawasan anda.

6. Praktek setiap hari

Praktekkan apa yang sudah di pelajari secara rutin setiap hari , 10 atau 15 menit sudah cukup untuk berlatih.
ajak teman atau saudara untuk sama-sama belajar.

7. Review 

Setelah bebrapa waktu anda belajar atau praktek. renungkan sejenak apa saja yang sudah dilakukan dan apa perkembangan nya. jika anda sudah ada perkembangan ,tandanya metode yang ditempuh selama ini berhasil . jangan pernah puas dengan apa yang sudah di dapat, terus kembangkan, ikuti forum, study club, dan kursus bahasa inggris jika dirasa perlu untuk meningkakan bahasa inggris anda menadi lebih baik lagi.
jika masih sedikit perkembangan yang di rasakan, jangan menyerah. terus mencoba,praktek dan praktek.
Nah itulah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bahasa inggris yang masih pas-pasan. jangan pernah malu dan takut untuk mencoba. kesalahan dalam belajar itu hal yang wajar. 'Online School' akan senantiasa membantu anda untuk meningkatkan bahasa inggris menjadi lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment